Senin, 14 Juni 2010

Unhealthy lifestyle and disease

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa definisi dasar pada bahasan kali ini. WHO mendefinisikan SEHAT sebagai keadaan sehat secara fisik, mental dan kehidupan soisial, dan tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. LIFESTYLE adalah jalan hidup seseorang dimana di dalamnya terkandung tingkah laku dan nilai dari orang atau kelompok tersebut. Penyakit adalah kondisi patologis dari bagian, organ, atau sistem pada suatu organisme yang muncul akibat infeksi, kelainan genetik, atau tekanan lingkungan, dan dikarakteristikan sebagai sebuah tanda atau gejala yang bisa teridentifikasi.
Kehidupan yang sehat merupakan kondisi dimana kita bertanggung jawab dan mengambil pilihan sehat untuk hari ini dan masa mendatang. Perilaku hidup sehat diantaranya, makan yang benar (seimbang gizi), menjaga fisik agar selalu dalam keadaan prima, emosi dan kondisi spiritual yang terjaga. Semua hal tersebut harus selalu dijaga agar tetap harmoni, sehingga kita akan mendapati tubuh kita dalam keadaan seimbang pada semua aspek tersebut.
Tubuh atau fisik itu sendiri membutuhkan gizi yang baik, berat badan seimbang, latihan yang bermanfaat, istirahat cukup, dan managemen stress yang tepat. Tubuh kita sangat dipengaruhi oleh faktor emosi. Oleh karena itu, managemen emosi yang baik akan berdampak pada keadaan tubuh yang baik pula. Kita harus memiliki tingkah laku yang suportif, berfikir positif dan memiliki pandangan ke depan, dan juga harus memiliki gambaran diri yang baik.



Seperti di bicarakan di atas, banyak hal yang mempengaruhi tubuh kita. Jika merujuk pada gambar di atas, hal yang mempengaruhi homeostasis (tubuh dalam keadaan stabil) tubuh dibedakan menjadi 2, faktor eksternal dan internal. Jika salah satu atau kedua stressor ini terjadi, maka tubuh akan berusaha mengkompensasi agar tetap dalam homeostasis. Namun, jika tubuh terpapar terus-menerus maka sistem kompensasi akan mengalami penurunan, hal ini menyebabkan kondisi sakit.
Stressor internal biasanya sangat berkaitan dengan faktor genetik dan penyakit yang diturunkan. Banyak hal yang bisa terjadi dari gangguan genetik ini. Jika gangguan genetik memicu pertumbuhan sel yang abnormal, maka akan menyebabkan tumor jinak atau bahkan kanker. Hal lain yang bisa terjadi adalah pembentukan sel antibodi berlebih seperti yang terjadi pada penyakit-penyakit autoimmune. Selain pertumbuhan yang terganggu, kelainan genetik ini juga bisa menyebabkan kematian sel yang lebih awal dan kegagalan dalam proses perkembangan sel. Faktor eksternal bisa berupa racun-racun kimia, trauma fisik, atau pun infeksi virus dan bakteri.
Untuk hidup sehat, kita harus senantiasa aktif secara fisik, memiliki nutrisi seimbang, dan mengatur kondisi mental. Namun apa yang terjadi pada kebanyakan orang saat ini? Kehidupan saat ini menuntuk kita untuk berfikir keras dan banyak sekali masalah-masalah yang timbul. Akibatnya, kita akan merasa stress jika kita tidak bisa mengatasi masalah tersebut. Makanan cepat saji yang makin banyak tersedia menyebabkan keadaan tubuh yang tidak seimbang gizi. Makanan yang tersedia merupakan makanan yang rendah serat, tinggi lemak dan tinggi kalori. Sehingga, kecenderungan yang terjadi adalah menuju kearah obesitas. Kehidupan serba “remote” pun ikut serta memperburuk status kesehatan seseorang dimana mereka akan semakin sedikit bergerak.
Berikut resep pola hidup yang sehat :
• Hindarilah merokok
• Latihan selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu
• Makan 5 porsi atau lebih buah dan sayuran tiap hari, bisa dilakukan setelah makan dan diantara waktu makan.
• Jaga index massa tubuh pada rentang normal

Saya sediakan juga quisioner untuk mengukur keadaan emosi seseorang (dalam bahasa inggris):
• Do you wake up with enthusiasm for the day ahead?
• Do you have the high energy you need to do what you want?
• Do you laugh easily and often, especially at yourself?
• Do you confidently find solutions for the challenges in your life?
• Do you feel valued and appreciated?
• Do you appreciate others and let them know it?
• Do you have a circle of warm, caring friends?
• Do the choices you make every day get you what you want?
Jawab pertanyaan diatas dengan jawaban ya atau tidak. Berikut interpretasinya :
• If it is answered “yes” too many of these questions, congratulations!
• But if it is answered “no” to several of them, you have identified areas in patient’s life that you may want them to change.
• This can be valuable information. These questions all relate to aspect of emotional and spiritual.
• And to truly define Healthy Living for patients (and ourselves) and create a healthy living strategy it is important that we address the whole self.
Oke. Ketika seseorang makan secara sembarangan, pada saat itu dia memang tidak merasakan sakit, namun dengan pasti dia sedang memupuk suatu penyakit.

3 komentar:

  1. mantaph lah, a...

    dah okeh, euy...
    hihihi

    BalasHapus
  2. sip ah..
    tunggu setelah ujian..
    sepertinya bakal ada tulisan yang baru..
    ada pesenan ga pengen tentang apa yang di bahas selanjutnya??

    BalasHapus